Search

Awal Mula Project Planet


Halo, saya liat kamu telah menemukan postingan pertama kami. Jika kamu belum tahu apa itu Project Planet, kami berharap postingan ini akan memenuhi rasa ingin tahumu


Mari kita berkunjung ke masa lalu untuk sementara. Saat saya berusia 10 tahun, saya belajar tentang Masalah Global, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Saya mulai mengerti tentang isu-isu yang melanda negara maju dan negara berkembang, dari penggundulan hutan sampai kasus perdagangan manusia.


Sebagai seseorang yang selalu ceria, saya melakukan segala hal agar tidak kepikiran tentang masalah-masalah ini sebab mereka tidak bisa diselesaikan secara instan. Yang saya perhatikan adalah jauh lebih mudah untuk bersikap acuh tak acuh dan menjalani hari mengetahui bahwa dunia tidak sempurna daripada peduli. Saya tahu kemana truk sampah akan membawa kemasan serta sisa makanan Go-Food saya dan saya tahu bakal ada yang memungut sisa-sisa sampah saya. Saya meyakini diri saya sendiri bahwa keputusan yang diambil seseorang tidak akan merubah apa-apa. Jadi, saya mengambil jalan yang lebih mudah dan menerima bahwa “sistem rusak” ini sebagai pedoman saya.


Project Planet diciptakan untuk mematahkan pola pikir itu.

Saya percaya dengan kemampuan dan kekuatan generasi saya dalam menyuarakan keprihatinan mereka tentang Indonesia. Hal ini dapat terlihat dengan semakin banyak orang yang menentang sistem rusak ini. Selain itu, mereka juga sedang mencari cara untuk membuat apa yang terasa tidak nyaman ketika mengubah gaya hidup kita menjadi menarik dan penting untuk dilakukan.


Produsen produk ramah lingkungan, demand untuk menjadi sukarelawan dan perbincangan tentang topik sustainability masih dianggap sebuah niche di Indonesia, tetapi market ini terus berkembang. Namun, perlu diingat bahwa hanya sebagian populasi Indonesia mempunyai sarana dan prasana untuk belajar, mengikuti dan berkontribusi kepada perkembangan tersebut. Artinya, kami masih mempunyai banyak tugas dan seiring bertumbuhnya platform ini dan bertambahnya jumlah projek yang akan kami luncurkan, kami berupaya untuk membuat edukasi tentang permasalahan di atas dapat diakses oleh lebih banyak orang di Indonesia.


Intinya adalah, mengubah Indonesia ke arah yang lebih baik membutuhkan perubahan dalam pola pikir dan kebiasaan masyarakat umum.

Project Planet mempunyai visi untuk menjadi platform yang terfokus yang dapat memberikan informasi dan berita lokal mengenai masalah lingkungan dan sosial yang terjadi di Indonesia. Kami menyediakan fitur-fitur yang membuat proses kontribusi dan pencarian solusi menjadi lebih efisien.


Tim kami terdiri dari orang-orang yang mempunyai keinginan yang besar untuk berkontribusi dan juga mereka yang merasa sistem rusak ini harus diberhentikan. Saya berharap inisiatif ini akan menjadi gejolak yang selalu saya impikan sekaligus mendorong orang lain untuk menginginkan Indonesia yang lebih baik.


0 comments

© 2020 by PROJECT PLANET. Most Rights Reserved.