Search

Mengapa Platform yang Fokus pada Kegiatan Relawan Sangat Penting

Tahukah kamu bahwa anak muda Indonesia menganggap kurangnya kesadaran, kepedulian, dan pengetahuan terhadap lingkungan sebagai hambatan utama untuk kemajuan lingkungan di Indonesia?


Sebuah studi di 2018** mengindikasikan bahwa anak muda, yang sadar akan lingkungan lebih melihat masyarakat mereka sendiri, daripada pemerintah atau industri, sebagai orang yang bertanggung jawab untuk melawan masalah lingkungan.


Karena itulah bagi kami, keterlibatan masyarakat, edukasi, dan akses untuk informasi merupakan cara utama untuk memajukan upaya lingkungan dan sosial di negara ini. Tetapi, kami melihat bahwa sistem untuk mengedukasi seseorang terkait isu-isu terkait dan menjadi relawan sebagai upaya untuk melakukan sesuatu untuk itu sangatlah kurang.


Saat mencari kesempatan untuk menjadi relawan di Indonesia, melalui pencarian secara online maupun dari mulut ke mulut, kita belum bisa menyaring kesempatan sesuai jarak yang paling dekat dengan lokasi kita. Kita tidak bisa membedakan dengan mudah mana program untuk relawan+travel, yang berarti mengharuskan kita merogoh kocek sendiri untuk biaya tiket pesawat dan akomodasi. Kita tidak bisa mencari aktivitas spesifik yang cocok dengan keahlian kita masing-masing. Kita juga tidak bisa menentukan organisasi mana yang terpercaya dan kredibel. Pada akhirnya, NGO besar mendominasi hasil pencarian, sedangkan organisasi lokal yang kecil menjadi sangat sulit untuk ditemukan.



Oleh karena itu, kami percaya bahwa kesulitan dalam memulai proses menjadi relawan adalah sesuatu yang perlu ditangani dengan cepat. Inilah mengapa kami berpikir platform yang terfokus untuk relawan sangatlah penting!



Kami ingin orang-orang untuk belajar lebih banyak atau bertindak untuk isu-isu lingkungan dan sosial, untuk memiliki tempat informasi yang mudah diakses dan dimengerti untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian.Kami juga ingin agar orang-orang yang siap menjadi relawan untuk mendapatkan tempat di mana mereka akan menemukan kesempatan yang sesuai dengan keinginan mereka.


Halaman relawan kami akan segera diluncurkan! Kami bertujuan untuk merancang sistem dimana Anda dapat menyaring program relawan berdasarkan lokasi, minat, travel+relawan atau hanya relawan, jenis keahlian/pekerjaan yang Anda ingin kontribusikan, dan lebih banyak lagi! Kami juga ingin memberikan dukungan untuk NGO kecil dengan memasukkannya ke dalam halaman kami, yang mungkin tidak dapat ditemukan melalui pencarian Google dengan cepat.

Kami melihat hal ini sebagai tugas untuk meningkatkan jumlah relawan di Indonesia, sebagai cara untuk melindungi keindahan alami negara ini di generasi mendatang. Kami berharap orang-orang yang sebelumnya menahan diri untuk mulai melakukannya dan memberikan efek bola salju untuk orang-orang lain. Sebagaimana halnya kami yang telah meyakinkan teman-teman dan keluarga kami untuk mulai menjadi relawan dengan memberi tahu mereka pengalaman positif kami, kami pikir platform ini akan memberikan dampak yang sama. Maka dari itu, kami harap kamu akan bergabung dengan kami!




Co-kontributor: Tobias Ehrlich


**Di sebuah penelitian pada tahun 2018, peneliti Lyn Parker, Kelsie Prabawa-Sear dan Wahyu Kustiningsih meninjau 1000 murid SMA yang berpartisipasi dalam program Edukasi Lingkungan (Environmental Education/EE), dengan hasil 90% mengidentifikasi diri sendiri sebagai “environmentalists”. Penelitian mereka diterbitkan dengan judul “Apakah anak muda di Indonesia melihat diri mereka sendiri sebagai environmentalists: Identitas, perilaku, persepsi, dan tanggung-jawab.” (How young people in Indonesia see themselves as environmentalists: Identity, behaviour, perceptions and responsibility.)


© 2019 by PROJECT PLANET. Most Rights Reserved.