Search

Zero Waste On-the-Go: Panduan Utama untuk Kit-mu

To read this post in English, click here.

Kantong untuk kit zero waste-mu

Sumber: ready made [11]


Plastik sangat praktis: kalian dapat menggunakannya sebagai tas belanja, bungkus makanan olahan, cangkir kopi, sedotan dan bahkan wadah makanan yang dibawa pulang. Saking praktis, rata-rata kita hanya menggunakan barang yang terbuat dari plastik selama 10 MENIT sebelum kita buang [1]?


Ya, kamu nggak salah baca. Coba kita diam sejenak: Mengapa kita menggunakan plastik saat bepergian kalau kita ada alternatif pengganti yang lebih ramah lingkungan?


Sebenarnya alasannya sangat sederhana.


Kita memilih untuk menggunakan plastik karena plastik sangatlah praktis. Dalam arti lain,


Kita tidak memiliki masalah plastik, melainkan kita sudah terlalu nyaman menggunakan plastik sehingga kita tidak merasa terganggu dengan dampak lingkungan yang timbul.


Mau dengar kabar baik? Sebenarnya kita sudah punya solusi untuk mengatasi polusi plastik yang semakin lama semakin parah! Produk rumah tangga seperti serbet, sapu tangan dan tas belanja ramah lingkungan adalah beberapa alternatif pengganti plastik yang ramah lingkungan dengan harga terjangkau [2].


Memang kedengarannya sangat ribet, tetapi kita sebagai konsumen harus berani keluar dari zona nyaman dan mengambil tindakan untuk melawan polusi plastik, salah satunya adalah mengatakan tidak kepada plastik terutama plastik-sekali-pakai.


Sebagai langkah pertama dalam perjalanan minim plastik, kalian bisa mulai membawa zero-waste kit sampah saat bepergian [1]. Dengan begitu, kalian bisa meminimalisir jumlah sampah yang kalian hasilkan seperti gelas plastik kopi yang kalian beli setiap pagi sebelum ke kantor atau kantong plastik yang kalian gunakan karena lupa membawa tas belanja ramah lingkungan kalian [3].



Nggak yakin apa yang perlu dibawa? Tenang saja, kami siap membantu.

Berikut adalah barang-barang yang kami anjurkan kalian bawa saat bepergian:


1. Botol Air Minum tanpa Plastik


Minum air sangat penting terutama saat kalian sedang di luar rumah. Walaupun begitu, kita seringkali lupa membawa botol air minum bahkan memilih untuk meninggalkannya karena sulit dibawa.


Namun, kalian hanya memperparah jumlah sampah plastik yang menumpuk di TPA dan laut dengan membeli air kemasan setiap hari. Seperti yang kita ketahui, plastik memiliki jangka hidup sekitar 500 tahun. Artinya, ada kemungkinan besar botol-botol plastik yang kalian buang masih belum terdaur ulang [4]. Bayangkan seberapa banyak sampah dapat berkurang kalau kalian membawa botol air minum masing-masing setiap hari.


Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Membawa Tumbler Sendiri


2. Cangkir yang dapat digunakan kembali


Salah satu rutinitas pagi kita adalah membeli secangkir minuman panas, baik itu kopi, teh atau coklat. Kita yakin kalian sedang berpikir, “Mengapa cangkir itu nggak ramah lingkungan? Kan’ cangkirnya terbuat dari kertas” dan kalian benar TAPI tidak sepenuhnya. Sebagian besar cangkir kopi yang kita beli dari kedai kopi karena untuk cangkir tersebut harus dilapisi dengan plastik agar tahan air sehingga tidak dapat didaur ulang dan pada akhirnya berakhir di TPA [5].


Kita tahu, kita juga baru tahu kok.


Cangkir yang dapat dilipat dan dapat digunakan kembali

Sumber: cottonbro [12]


Namun jangan khawatir! Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membawa cangkir ke kedai kopi favorit kalian. Cukup beri tahu barista bahwa kalian ingin menggunakan cangkirmu sendiri daripada cangkir kertas. Saat ini, sebagian besar kedai kopi menawarkan diskon bagi pembeli yang membawa cangkir sendiri.


3. Kotak Makan tanpa Plastik atau Rantang


Seringkali kita tidak mempunyai cukup waktu untuk menyiapkan makanan sebelum kita pergi sehingga kita terpaksa harus beli makanan dari restoran. Sangat maklum, tetapi kenapa nggak bawa kotak makan atau rantang kita masing-masing?


Kita akan menjawabnya dengan sebuah pertanyaan. Saat kalian memesan makanan untuk dibawa pulang, makanan kalian dibungkus pakai apa? Kemasan. Daripada menggunakan kemasan sekali pakai, kalian bisa membawa kotak makan untuk membeli makanan yang kalian akan bawa pulang. Ini lebih murah dalam jangka panjang dan tentu saja, lebih ramah lingkungan [6]. Poin bonus - dengan menggunakan rantang, kalian juga dapat menyimpan makanan yang berbeda di setiap tingkat dan semua makananmu akan terpisah sesuai yang kalian inginkan.


4. Peralatan Makan yang dapat digunakan kembali


Setiap orang memiliki satu laci yang berisi sendok garpu plastik yang tidak pernah mereka gunakan tetapi tidak tahu cara membuangnya. Peralatan makan plastik tidak hanya mudah pecah, tetapi juga merupakan bagian besar dari sampah plastik kita sebab ukuran dan beratnya membuat peralatan makan plastik sulit untuk didaur ulang. Kondisi ini dapat kita hindari dengan membawa peralatan makan dari rumah [7]. Dengan begitu, setidaknya kalian tahu alat makan yang akan digunakan itu bersih. Kalian sudah mendapatkan kotak makan, sekarang gabungkan dengan satu set peralatan dan kamu siap deh!


Pro tip: Jika kalian tidak menemukan tempat untuk mencuci peralatan makan setelah digunakan, bungkus dengan serbet dan bersihkan saat sampai rumah.


5. Sedotan yang dapat digunakan kembali


Seperti peralatan makan plastik, sedotan plastik juga sulit untuk didaur ulang apalagi kalau kita ingat sedotan plastik memerlukan 200 tahun untuk terurai. Jadi, sedotan yang dapat digunakan kembali adalah komponen yang penting di zero-waste kit kalian!


Banyak restoran telah melarang atau menghentikan penggunaan sedotan plastik, tetapi seringkali diganti dengan sedotan kertas yang sebenarnya tidak berfungsi dengan baik [6]. Bawalah sedotan kalian sendiri dan kita jamin kalian tidak akan menyesal. Plus! Sekarang ada set sedotan stainless steel yang dilengkapi dengan kantong untuk membawanya, sedotan lurus, sedot bengkok DAN sedotan besar untuk MINUMAN BOBA! Jadi jangan khawatir, kalian tidak akan melewatkan dosis boba kalian setiap minggu.


Pro tip: Jika kalian tidak menemukan tempat untuk mencuci peralatan makan setelah digunakan, bungkus dengan serbet kain dan bersihkan saat sampai rumah.

6. Tas Belanja Ramah Lingkungan


Tas belanja ramah lingkungan adalah sebuah must-have item yang kalian harus bawa setiap kali bepergian. Seringkali kalian melihat-lihat toko tanpa mempunyai rencana untuk membeli apapun tapi hal berikutnya yang terjadi adalah kalian telah memasukkan tiga barang di keranjang belanja. Jadi kemanapun kalian pergi, jangan lupa untuk membawa tas belanja ramah lingkungan kalian.


Tas belanja yang dapat digunakan kembali

Sumber: cottonbro [13]


Seperti barang plastik sekali pakai lainnya, kantong plastik sulit untuk didaur ulang dan sering berakhir di tempat pembuangan sampah atau laut [8]. Daripada menggunakan kantong plastik saat berbelanja pakaian, pergi ke toko obat atau membeli bahan makanan, gunakan tas belanja ramah lingkungan sebagai alternatif pengganti. Sekarang ada banyak pilihan untuk tas belanja ramah lingkungan jadi mengapa tidak memilih gaya tas yang cocok untukmu? Tapi pastikan kalian setia dengan tas belanja kalian, ya.


Baca Juga: Perjalanan Menuju Indonesia Bebas Polusi Plastik


7. Zip Lock Silikon


Biasanya kita menggunakan zip lock sebagai cara untuk mengatur barang-barang kamu saat bepergian atau bahkan untuk mengemas makanan ringan saat bekerja atau untuk perlengkapan mandi kalian. Sangat menguntungkan TAPI sangat boros.


Alternatif yang lebih baik ada zip lock yang terbuat dari silikon! Jangan khawatir, tadinya kita juga tidak tahu ini ada. Zip lock ini dapat dicuci dengan mudah dan bisa digunakan berulang kali. Meskipun kalian perlu membeli beberapa ukuran yang berbeda, kalian akan sadar betapa sedikitnya zip lock yang sebenarnya dibutuhkan [1].


8. Sapu Tangan atau Serbet


Kalian tidak sadar betapa banyak kertas tisu yang kalian gunakan atau bagaimana proses produksi dapat merusak lingkungan kita [9]. Jadi, item berikutnya untuk kit kalian adalah sapu tangan atau serbet yang merupakan alternatif pengganti tisu basah, serbet kertas dan tisu kertas. Pastikan untuk membawa lebih dari satu kemanapun kalian pergi untuk berjaga-jaga!


Pro tip: Kalian bisa mendaur ulang pakaian lama dan membuatnya menjadi serbet kain!


9. Masker yang dapat digunakan kembali


Masker itu penting! Namun, masker sekali pakai sangat boros dan mencemari lautan kita [10]. Saat ini kami diberitahu untuk menggunakan masker DI MANA SAJA tetapi apa alternatif yang lebih ramah lingkungan? Gunakan masker yang dapat digunakan kembali! Sekarang dijual dimana-mana. Terdapat masker dengan pola, karakter kartun atau bahkan yang hitam polos. Mengapa tidak membeli beberapa agar sesuai dengan pakaian kalian sehari-hari? Dengan begitu, kamu tetap aman tetapi mempertahankan gaya kalian!



Membawa barang-barang ini kemanapun kalian pergi mungkin terasa seperti banyak dan repot. Kuncinya adalah mengetahui apa yang mungkin kalian lakukan pada hari itu. Misalnya, jika kalian tidak ingin minum kopi, kalian tidak perlu membawa cangkirmu. Setelah kalian merasa terbiasa mengetahui apa yang kalian butuhkan, kalian tidak akan kesulitan melepaskan ketergantungan kita untuk menjadi lebih ramah lingkungan.

Sebagai bonus, kalian akan menyadari betapa hematnya melakukan upaya ekstra kecil ini.


Dengan perlengkapan ini, kalian akan siap untuk memulai menuju gaya hidup yang lebih hijau.

Ingin mengetahui lebih lanjut tentang membuat kit-mu sendiri? Tulis di forum kami DISINI.

Sumber:

[1] https://www.thewellessentials.com/blog/how-to-create-a-zero-waste-to-go-kit

[2] https://www.nationalgeographic.com/news/2018/05/zero-waste-families-plastic-culture/

[3] https://zerowastememoirs.com/baby-step-22-zero-waste-to-go-kit/

[4] https://www.mashed.com/33857/real-reason-stop-buying-bottled-water/

[5] http://www.worldcentric.com/notree/

[6] https://pebblemag.com/magazine/living/7-essentials-zero-waste-kit

[7] https://www.forbes.com/sites/lauratenenbaum/2019/07/16/plastic-cutlery-is-terrible-for-the-environment-and-we-dont-need-to-have-it-delivered/#7f2643454019

[8] https://www.onegreenplanet.org/animalsandnature/whats-so-bad-about-plastic-bags/

[9] https://www.simpleecology.com/blog/soft-tissue-paper#:~:text=Paper%20manufacturing%20is%20environmentally%20harsh,emitter%20of%20global%20warming%20gasses.

[10] https://plasticoceans.org/coronavirus-waste/


Gambar:

[11] https://www.pexels.com/photo/white-textile-bag-and-smartphone-with-recycle-logo-3850454/

[12] https://www.pexels.com/photo/person-holding-pink-plastic-cup-3738032/

[13] https://www.pexels.com/photo/four-yellow-oranges-eggs-in-white-net-3737617/


#zerowaste #zerowastetogokit #zerowastekit #tanpaplastik #zerowasteonthego

© 2020 by PROJECT PLANET. Most Rights Reserved.